NEWS & EVENTS

NEWS

Kenapa Batu Bata Bikin Rumah Terasa Lebih Sejuk?

KompasProperti - JAKARTA, KOMPAS.com.-Hunian

Bata merah atau batu bata adalah salah satu material bangunan yang paling banyak digunakan. Material ini terkenal awet, kokoh dan mampu membuat rumah terasa lebih sejuk di musim kemarau. properti. meskipun harganya yang relatif lebih mahal. Namun, kenapa batu bata bisa membuat rumah terasa lebih sejuk? Dilansir dari Turbull Mansory, Senin (21/2/2022), batu bata secara aktif menstabilkan suhu internal karena panas tidak dapat berpindah dengan mudah atau cepat. Hal ini dikarenakan batu bata memiliki kualitas massa termal yang baik dan termasuk dalam salah satu bahan terbaik untuk menahan panas. Adapun massa termal adalah kemampuan suatu material untuk menyerap, menyimpan dan melepaskan energi panas secara perlahan.

Ilustrasi


Sehingga pada musim kemarau atau musim panas, rumah dengan dinding batu bata akan tetap lebih sejuk, terutama di lantai bawah. Sedangkan saat musim hujan, bagian dalam dinding batu bata secara aktif menyerap dan mendistribusikan kembali panas ke dalam rumah serta membuatnya tetap hangat. Bahan bangunan lain yang juga terkenal dengan kualitas massa termalnya selain batu bata adalah ubin. Sementara jika rumah menggunakan AC sebagai pendingin udara, massa termal pada batu bata dapat menjaga suhu dingin masuk dan panas keluar, terlebih jika jendela yang digunakan kedap udara. Ini akan membantu penghuni rumah menghemat uang untuk biaya energi.

Selain itu, batu bata lebih baik dalam menyerap dan melepaskan kelembapan daripada bahan lainnya, walaupun batu bata tidak kebal terhadap kerusakan akibat lembap. Akibatnya, kecil kemungkinan batu bata untuk ditumbuhi jamur, diserang serangga, mengalami pembusukkan atau masalah lain jika dibandingkan dengan material kayu. Lebih lanjut, batu bata dapat didaur ulang berulang kali dan terbuat dari tanah liat dimana pembuatannya dilakukan tanpa harus menebang hutan. Ini menjadikannya pilihan yang jauh lebih ramah lingkungan. Hebatnya lagi, batu bata dilaporkan dapat menambah sebanyak 6 persen ke nilai rumah secara keseluruhan karena berhasil menampilkan kesan klasik yang indah, kualitasnya yang kuat dan tahan lama serta perawatannya yang mudah.



Penulis : Aisyah Sekar Ayu Maharani
Editor : Hilda B Alexander

 


Sumber : http//properti.kompas.com

 

 

BACK