Laptop Black Screen, Ternyata Cuma Begini

Posted on

Selalu terdengar menakutkan, kerusakan black screen pada laptop atau layar hitam gelap ternyata tidak selalu disebabkan kerusakan yang berat. Tentu saja ini terjadi pada kondisi tertentu.

Ada 2 masalah yang sering kita temui terkait black screen ini yang penangannya cukup sederhana, yaitu masalah pengaturan brightness dan masalah pada hotkey brightness di keyboard.

Setingan brightness pada system terdapat 2 pilihan yaitu ketika laptop terhubung dengan charger dan ketika laptop menggunakan baterai saja. Kita bisa atur sesuai dengan keinginan kita, biasanya pada saat laptop menggunakan baterai saja setingan brightness di turunkan agak redup agar baterai lebih awet. Entah bagaimana bisa terjadi, buktinya kita pernah temui masalah seperti ini dimana setingan brightness ketika laptop menggunakan baterai saja ada pada angka 0, sama saja backlight dimatikan. Efeknya jika charger dicabut maka layar laptop langsung hitam gelap, black screen. Solusinya hanya dengan melakukan seting yang benar.

Laptop Black Screen, Ternyata Cuma BeginiYang kedua adalah tombol hotkey brightness pada keyboard yang nyantol, mencet sendiri tanpa disentuh. Sehingga setelah laptop masuk windows maka layar langsung hitam gelap. Ketika laptop baru saja dinyalakan tampilan muncul normal. Masalah baru muncul setelah berhasil masuk Windows. Ini biasanya terjadi pada laptop yang hotkey brightness nya tidak perlu tekan tombol Fn, jadi untuk yang butuh tombol Fn tentu saja lebih aman.

Untuk masalah keyboard tersebut solusinya adalah dengan memperbaiki tombol hotkey brightness yang posisinya berbeda-beda antara laptop satu dengan laptop lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *