IC Charger, Penyebab Hilangnya 19V Pada Laptop

Posted on

Tegangan sumber dari charger yang besarnya ada di kisaran 19V pada sebuah laptop akan di distribusikan ke seluruh jalur di motherboard setelah keluar dari gerbang utama yang terbuka dan tertutupnya di tentukan oleh sebuah IC controller yang dikenal dengan ic charger. Ini bukanlah ic yang ada pada charger laptop, namun ada pada system charging pada motherboard laptop.

Gerbang utama tersebut, sebagaimana gerbang pada tol, maka akan terbuka jika operator mengizinkan gerbang tersebut terbuka. Maka IC charger akan sangat menentukan kapan gerbang dibuka atau ditutup. Gerbang tersebut adalah berupa sebuah switch elektronika yang akan bekerja berdasarkan rating tegangan sesuai dengan karakteristiknya. Ini adalah sebuah mosfet yang rata-rata menggunakan jenis P-Channel ( secara umum ).

Baca juga :   Baterai 100% Tapi Charger Dilepas Langsung Mati

Mosfet, sebagaimana kita tahu memiliki kaki gate yang terhubung dengan unit controller yang menentukan mosfet ini ON atau OFF. Pada sebuah laptop gate tersebut terhubung dengan ic charger. Maka ic charger, jika rusak mosfet akan off, dan hilanglah tegangan 19V pada bagian out put mosfet yang akan didistribusikan ke seluruh jalur pada motherboard.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *