Hidupkan kembali Printer Lama Tidak Digunakan

Posted on

Printer yang lama tidak digunakan secara umum hampir pasti akan bermasalah. Masalah yang sering muncul adalah head pada katrid buntu karena gumpalan tinta di sela-selanya mengering akibat diam terlalu lama. Ini bisa saja terjadi pada jenis printer apapun, namunkali ini kita akan membahas printer Canon.

Hidupkan kembali Printer Lama Tidak DigunakanUntuk kembali menggunakan printer yang sudah lama tidak digunakan ( lebih dari 2 minggu ) perlu kita untuk memperhatikan beberapa hal agar tidak muncul kerusakan yang fatal. Ikuti prosedur berikut :

  1. Sebelum menyalakan printer, buka cover printer
  2. Nyalakan printer agar carriege katrid berhenti di posisi tengah
  3. Lepas katrid
  4. Cek head katrid menggunakan tissue. Tempelkan tissue pada bagian head katrid, perhatikan apakan ada bekas garis tinta pada tissue, jika terdapat garis sempurna maka pasang lagi dan printer bisa di nyaalakan sebagaimana pada kondisi normal. Jika tidak muncul garis pada tissue maka lanjutkan ke langkah 5
  5. Siapkan air panas
  6. Tuangkan air panas pada wadah untuk merendam bagian head katrid. Rendam hingga tinta pada katrid keluar melalui head, ditandai dengan air berubah warna. Jika langkah ini belum berhasil masukkan air panas ke dalam katrid dan rendam bagian head dengan air panas. Lakukan berulang-ulang hingga tinta mau keluar.
  7. Setelah tinta bisa keluar keringkan air pada katrid menggunakan tissue kering dan pasang kembali pada printer.
  8. Printer siap digunakan.
Baca juga :   Printer Canon Infus Blink 4 Kali

Dengan mengikuti langkah tersebut maka resiko katrid rusak bisa dikurangi, dan diharapkan printer bisa digunakan kembali sebagaimana semula. Perlu diketahui bahwa untuk menghindari kerusakan pada katrid maka gunakan printer secara rutin, namun juga tidak boleh terlalu sering dan printing terlalu banyak, gunakan secara normal tanpa berlebihan.

#prayforpalu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *