Reball, Solusi Chipset Gagal Kerja

Posted on

Chipset rusak pada sebuah laptop menjadi masalah yang paling memukul pemilik laptop. Pasalnya biaya perbaikan dengan kerusakan jenis ini sangat mahal bahkan mendekati biaya penggantian motherboard secara keseluruhan. Jika di pasar tersedia motherboard bekas yang masih normal, tentu masalah ini tidak terlalu menjadi beban bagi pemilik, namun lain halnya jika ternyata sulit di dapatkan di pasar kecuali motherboard baru yang harganya hampir sama dengna harga laptop baru, tentu tidak masuk akal jika nekad mendapatkannya kecuali untuk alasan-alasan yang sangat ekstrim.

Baca juga :   Cara Bungkar Pasang Chipset IO

Reball, Solusi Chipset Gagal KerjaMaka pada kondisi tertentu, Re-ball adalah solusi dari masalah ini. Reball adalah proses penggantian pin-pin chipset dengan timah yang berbentuk bola sesuai dengan ukuran pin-pin chipset aslinya. Langkah ini bertujuan agar koneksi antara chipset dan motherboard yang terganggu karena melemahnya proformance pin-pin-nya bisa kembali bekerja normal. Sebagaimana kita tahu bahwa masalah koneksi ini sering sekali menjadi penyebab sebuah chipset tidak bisa bekerja secara normal dan maksimal.

Biaya Reball cenderung lebih murah jika dibandingkan dengan biaya penggantian chipset baru. Keawetannya tergantung pada kwalitas timahnya dan proses pemasangannya, tentu sebagai pemilik laptop kita bisa meminta garansi kepada teknisi agar lebih yakin dengan layanan ini.

Baca juga :   Harga Chipset Laptop

Untuk prosesnya, teknisi membutuhkan peralatan yang bisa dibilang mahal, maka dari itu biaya replace chipset agak tinggi. Namun sekali lagi ini jauh lebih murah dibandingkan dengan mengganti chipset yang baru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *