Baterai Laptop Drop, Bisakah Diperbaiki ?

Posted on

Setelah bertahun-tahun digunakan biasanya baterai laptop mulai menurun performance-nya hingga lambat laun baterai tersebut akan drop bahkan tidak lagi bisa menyimpan muatan dan tidak terdeteksi oleh system laptop, ini kondisi yang normal karena memang karakteristik baterai seperti itu. Baterai tidak akan mungkin bisa terus bertahan lama sebagaimana saat kondisi masih baru.

Lalu bagaimana jika baterai sudah mulai drop, apakah masih bisa diperbaiki ?

Baterai Laptop Drop, Bisakah Diperbaiki ?Jawabannya tentu saja ada kemungkinan bisa, namun tidak 100%. Baterai yang sudah turun performance cell-nya masih bisa diperbaiki dengan mengganti cell yang ada di dalam kesing baterai. Cara ini jika berhasil tentu tidak membutuhkan biaya terlalu tinggi, karena harga cell rata-rata hanya Rp.50.000, per bijinya. Dan biasanya pada baterai laptop tidak semua cell mengalami kerusakan atau penyusutan yang drastis. Kalaupun semua cell harus ganti, untuk baterai yang menggunakan 3 cell maka hanya butuh dana 150rb, performance kembali seperti baru. Bagaimana jika dibandingkan dengan baterai replacement yang harganya hanya di kisaran 200 ribu rupiah ? Tentu semua tergantung dengan kwalitas cell yang dipasang. Dan ini adalah pilihan bagi pengguna laptop.

Baca juga :   Baterai Laptop 100% Tapi Charger Dicabut Mati

Namun perlu diketahui juga bahwa pada kondisi tertentu baterai laptop sudah tidak memungkinkan untuk diperbaiki. Misalnya pada baterai yang sudah tidak terdeteksi oleh system karena adanya kerusakan pada oscilator baterai, yaitu perangkat controller yang ada di dalam baterai yang dilengkapi dengan system proteksi yang dipasang sedemikian rupa sehingga baterai mengalami penyusutan setelah mengalami proses charging dan recharging beberapa kali.

Baca juga :   Tentang Laptop Charging Namun Tetap 0%

Kesimpulannya adalah kerusakan pada baterai laptop masih bisa diperbaiki pada kondisi tertentu namun pada kondisi yang lain sudah tidak lagi bisa diperbaiki.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *