Laptop Acer 4738 Tiba-tiba Mati Sendiri Atau Restart

Posted on

Memperbaiki laptop 4738 yang tiba-tiba mati sendiri dan kadang-kadang restart atau bluescreen terlebih dahulu bisa saja dilakukan dengan mudah, pada kondisi tertentu tentunya. Sebagaimana yang akan kita bahas kali ini.

Laptop Acer 4738 Tiba-tiba Mati Sendiri Atau RestartSebagaimana kita telah tahu bahwa pada beberapa jenis motherboard laptop, kondisi ini kadang-kadang disebabkan karena adanya nilai kapasitif yang tidak lagi normal pada jalur VCore, yaitu jalur supply tegangan menuju ke Prosesor dari tegangan utama 19V, ini biasanya terjadi pada motherboard yang menggunakan Nec tocin pada jalur VCore. Lalu bagaimana dengan 4738 yang tidak menggunakan kapsitor Nec tocin ?

Baca juga :   Laptop Layar Menyala Putih Saja, Kenapa?

Perlu kita ketahui bahwa entah menggunakan Nec tocin atau tidak, VCore itu tetap dilengkapi dengan kapasitor. Bisa Nec tocin atau bukan. Jadi jika Nec tocin bisa rusak maka kapasitor SMD biasa pun bisa juga rusak. Jadi untuk acer 4738 yang tidak dilengkapi dengan kapasitor jenis Nec tocin tetap saja menggunakan kapasitor dan tetap saja bisa rusak kapasitor tersebut.

Maka, sebagaimana kita telah buktikan pada sebuah motherboard Acer 4738, dengan kerusakan mati sendiri setelah digunakan bebeapa waktu, kadang bluescreen dan restart. Bahkan kadang sulit sekali dinyalakan, tidak berhasil booting. Kita telah lepas semua kapasitor tantalum SMD pada jalur VCore yang memiliki ukuran 330, kemudian kita ganti dengan yang normal, semuanya. Hasilnya laptop kembali normal.

Baca juga :   IC Charger Acer 4739

Laptop Acer 4738 Tiba-tiba Mati Sendiri Atau RestartJadi, intinya adalah, jika sedang menangani laptop acer 4738 yang mati sendiri sulit dinyalakan atau restart sendiri dan bluescreen, walaupun tidak dilengkapi dengan kapasitor Nec tocin, tetap curigai tegangan di jalur VCore.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *