2 Penyebab Laptop Matot Yang Sering Terjadi

Posted on

Sala satu kerusakan pada sebuah laptop adalah mati total, dimana tidak ada sama sekali tanda-tanda kehidupan pada laptop tersebut, tidak ada lampu indikator satupun yang menyala, dan tombol power juga tidak respon sama sekali ketika ditekan.

Penyebab kerusakan ini banyak sekali, namun disini kita akan share 2 saja penyebab yang paling sering terjadi pada laptop mati total.

1. Laptop mati total karena kapasitor SMD konslet.

2 Penyebab Laptop Matot Yang Sering TerjadiKapasitor super kecil dengan warna khas coklat muda ini memang banyak sekali di motherboard, bahkan merupakan komponen terbanyak dibandingkan dengan komponen lain pada sebuah motherboard. Semua level tegangan dilengkapi dengan kapasitor ini, sehingga jika ada salah satu saja yang konslet di jalur power utama atau short circuit maka akan menyebabkan laptop matot karena semua SMD kapasitor dipasang pada jalur positif di salah satu kakinya dan kaki yang lain selalu di jalur ground.

Baca juga :   Gratis Benahi Laptop Mati Total

2. Laptop mati total karena mosfet konslet.

2 Penyebab Laptop Matot Yang Sering TerjadiMosfet, sebagai komponen switching yang pada motherboard laptop dimanfaatkan sebagai saklar dan juga komponen utama pada system penurunan tegangan dari sumber tegangan utama yang rata-rata senilai 19V, diturunkan sesuai dengan kebutuhan. Misalnya 3V, ada 2 buah mosfet utama disana, demikian juga pada tegangan 5V yang diturunkan langusng dari 19V. Bahkan pada supply tegangan ke prosesor atau sering dikenal dengan Vcc Core, terdapat 4 buah mosfet yang fungsinya juga penurun tegangan, bekerja sama dengan sebuah IC controller.

Baca juga :   Aspire 4520 Tidak Bisa Dinyalakan

Misalnya mosfet pada jalur Vcc Core, jika mosfet tersebut short atau konslet maka menyebabkan laptop mati total. Karena jalur VCC Core memiliki resistansi yang sangat kecil, jika ada tegangan masuk ke jalur ini akan muncul arus yang sangat tinggi melebihi arus dari sumber tegangan laptop ( charger ), sehingga jalur utama 19V akan over current atau kelebihan arus, akibatnya tegangan hilang dan laptop pun tidak bisa dinyalakan.

Inilah 2 penyebab sebuah laptop mati total yang sering sekali terjadi disamping penyebab lain yang sangat beragam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *