Penyebab Lain Laptop Chipset Panas, Mati Total

Posted on

Membahas laptop yang mati total, tidak bisa dinyalakan memang tidak habisnya. Banyak sekali ragam masalah yang menyebabkannya mulai dari yang mudah sampai yang bikin kepala puyeng.

Penyebab Lain Laptop Chipset Panas, Mati TotalLaptop mati total yang disebabkan oleh komponen yang short circuit termasuk di dalam kategori mudah, teknisi yang belum terlalu mahirpun masih bisa menemukannya asalkan telaten. Mati total karena kerusakan mosfet di jalur power utama, juga masih dalam kategori sedang. Demikian juga dengan laptop matot yang disebabkan karena tidak adanya signal tegangan utama 3V dan 5V, pada kondisi tertentu juga belum terlalu sulit untuk diperbaiki.

Baca juga :   Laptop Restart Terus, Masuk Save Mode Normal

Namun yang satu ini sudah agak rumit, dimana sebuah laptop tidak bisa dinyalakan, tombol power tidak respon sama sekali, 3v dan 5v bekerja normal dengan baik, namun chipset NB panas dan keluar arus di kisaran 0,12 A di power supply. Ini menunjukkan bahwa sudah ada supply tegangan yang masuk ke chipset walaupun laptop belum dinyalakan, yang menyebabkan chipset panas.

Ternyata salah satu penyebab masalah ini adalah trouble HM protection, dan perlu adanya penggantian. Proses analisa masalah ini cenderung lebih rumit dibandingkan dengan masalah-masalah lain sebagaimana kita sebutkan diawal. Bagaimana dengan biaya ? tentu saja lebih mahal karena tingkat kesulitannya yang lebih complex.

Baca juga :   Laptop Restart Terus, Masuk Save Mode Normal

Dengan belajar dan aksi real, setiap masalah-masalah pada motherboard laptop bisa kita pelajari satu persatu. Berbeda jika kita malas mencoba, hanya membayangkan sulitnya saja.

5 thoughts on “Penyebab Lain Laptop Chipset Panas, Mati Total

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *