Cara Service Asus Mati Total Mudah Sekali

Posted on

Netbook Asus Eee PC yang mati total ternyata tidak selalu parah penyebabnya. Pun, tidak selalu membutuhkan biaya yang besar untuk memperbaikinya. Bahkan, peralatan sederhana-pun bisa digunakan, tanpa harus mengeluarkan biaya sedikitpun, tentu saja jika kita mau mencobanya sendiri.

Sebagaimana kita sudha buktikan pada sebuah netbook Asus Eee PC jenis 1225C yang mati total, tidak ada lampu indikator apapun yang menyala termasuk lampu indikator charger. Tombol power juga tidak bisa memberikan respon apapun saat di pencet, dipencet berkali-kali juga tidak membuahkan hasil. Tombol power ditekan lama juga tidak bisa menyalakan netbook.

Setelah kita cek, tegangan dari charger tidak drop ketika dimasukkan ke port charger di motherboard, masuk ke motherboard dengan normal.

Baca juga :   Service Laptop Axioo Matot, Mudah Sekali

Maka kita melakukan langkah-langkah perbaikan dengan urutan sebagai berikut :

  1. Kita lepas baterai netbook,
  2. Kemudian kita coba lagi menyalakan netbook namun belum berhasil menyala. Kita diamkan terlebih dahulu juga tetap belum bisa nyala.
  3. Langkah selanjutnya adalah membuka kesing netbook.
  4. Kemudian kita lepas baterai CMOS yang ada pada motherboard.
  5. Kita diamkan beberapa saat.
  6. Kemudian kita masukkan charger, ternyata netbook langsung menyala tanpa menekan tombol power. Ini tanda-tanda bahwa netbook kembali normal.
  7. Kita lepas lagi charger dan kita masukkan baterai CMOS.
  8. Langkah terakhir adalah kita pasang kembali kesing yang sudah kita lepas, berikut bautnya
  9. Pasang baterai.
Baca juga :   Laptop Acer Blank Ini Penyebabnya

Setelah melakukan langkah-langkah diatas kemudian kita masukkan charger dan sekarang lampu indikator charger pada netbook sudah menyala dan tombol power sudha berfungsi dengna baik, netbook pun kembali bekerja dengan normal. Tidak lupa kita sesuaikan tanggal dan tahun karena setelah baterai CMOS kita lepas netbook ter-reset sehingga tahun kembali ke awal produkis netbook.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *