Selasar Gedung BEI Ambruk Lagi, Jika…

Posted on

Ambruknya selasar gedung BEI ( Bursa Efek Indonesia ) beberapa waktu lalu menyisakan kesedihan mendalam karena sekian banyaknya korban. Seharusnya hal tersebut tidak terjadi pada gedung yang tidak “ecek-ecek” tersebut, namun bencana memang bisa saja terjadi walaupun kadang-kadang menurut kita tidak mungkin terjadi.

Selasar Gedung BEI Ambruk Lagi, Jika...Analisa yang paling logis dari kecelakaan tersebut adalah adanya pengunjung yang berkumpul di selasar dan diam ditempat, sehingga menyebabkan lantai tidak lagi mampu menahan berat yang berlebih sehingga ambruk. Ini berarti juga menunjukkan kurang tepatnya perhitungan berat yang harus ditanggung lantai pada saat pembangunan dahulu, atau ada juga kemungkinan adanya penyusutan kekuatan pada lantai.

Ambruknya selasar gedung BEI tersebut akan sangat mungkin terjadi lagi di lain waktu di bagian lantai yang lain jika muncul kondisi serupa, lantai kelebihan berat beban dan tidak lagi mampu menahannya. Berkumpulnya banyak orang di satu titik di lantai atas bisa tidak aman dan beresiko menyebabkan lantai ambruk. Kecuali ada pembenahan lebih lanjut.

Bencana seperti itu bisa dihindari dengan melakukan re-design dan pembangunan kembali gedung yang lebih kuat, atau dengan menata beban yang harus ditanggung lantai dengan mengatur agar pengunjung tidak berkerumun di satu titik dalam waktu yang lama.

Sekarang ini, zaman sudah canggih, peralatan komputerisasi sudah dilengkapi dengan software canggih untuk perhitungan kekuatan bangunan sehingga sebuah bangunan yang akan dibangun selalu sesuai dengan beban yang akan ada di bangunan tersebut nantinya.

Rekaman CCTV dari ambruknya gedung BEI bisa dijadikan patokan analisa penyebab dari bencana ini, sehingga diharapkan lain kali tidak lagi terjadi hal serupa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *