Penanganan Komputer Terkena Banjir

Posted on

Musibah banjir telah melanda beberapa kota dan daerah di Indonesia sejak dimulainya musim hujan tahun ini. Banyak sekali kerugian yang dialami oleh warga terdampak baik kerugian materi maupun non materi. Ini semua harus menjadi sebuah pembelajaran bagi kita, harus pandai mengambil hikmah dibalik setiap kejadian musibah. Karena semuanya tentu terjadi karena kesalahan kita sendiri.

Penanganan Komputer Terkena Banjir
Tim Tanggap Bencana Pada Banjir Pacitan

Salah satu kerugian yang sering dialami pasca banjir adalah kerusakan perangkat-perangkat elektronika, diantaranya Laptop dan Personal Computer ( PC ). Biasanya ini terjadi pada unit Perkantoran dan Sekolah.

Lalu Bagaimana penanganan terhadap musibah tersebut ?

Komputer jenis desktop, rata-rata terkena banjir tidak pada saat menyala, jadi ini dimungkinkan tidak akan terjadi kerusakan yang parah jika kita melakukan prosedur perbaikan dengan benar. Ikuti langkah berikut :

  1. Jangan pernah mencoba menyalakan sebelum melakukan prosedur ini
  2. Buka kesing komputer
  3. Cari baterai CMOS, dan lepas.
  4. Lepas semua perangkat yang ada di dalam kesing komputer. Power supply, motherboard, hard drive, DVD, dan lain-lain jika ada.
  5. Bersihkan semua perangkat. Jika terkena gumpalan lumpur, jangan ragu-ragu untuk membersihkan menggunakan air. Untuk Power supply, harus dibungkar dan diangkat mainboardnya dan dibersihkan bagian dalamnya. Untuk perangkat DVD juga harus dibungkar untuk dibersihkan bagian dalamnya.
  6. Bersihkan motherboard. Lepas prosesor. Bersihkan semua bagian-bagiannya dari lumpur, harus benar-benar bersih, silahkan gunakan air bila perlu. Ini bagian inti, jadi harus hati-hati.
  7. Keringkan semua perangkat. Setelah semua bersih, keringkan dibawah terik matahari sampai benar-benar kering. Usahakan dibawah terik matahari agar panas bisa merata, jika belum ada matahari tunggu sampai matahari keluar. Penggunaan heater blower biasanya kurang maksimal, namun untuk motherboard jika terpaksa bisa dicoba, namun sekali lagi, harus merata. Semua bagian harus kering termasuk bagian bawah chipset. Jika belum yakin kering jangan coba-coba untuk menyalakan kembali.
  8. Setelah semua bersih dan kering, bisa dilakukan percobaan mulai dari power supply. Setelah power supply yakin menyala normal, maka dilanjut dengan motherboard kemudian perangkat lainnya.
  9. Setelah semua bisa menyala normal maka biarkan saja komputer hidup untuk beberapa jam, biar kondusif.
  10. Untuk monitor prosedurnya sama, mulai dai pembungkaran, pembersihan dan pengeringan.
Baca juga :   Cara Mengetahui Spesifikasi Komputer Dengan Mudah

Jika prosedur penanganan diatas dilakukan dengan baik, step by step, maka resiko terjadi kerusakan parah pada komputer bisa dihindari.

Semoga bencana banjir segera tuntas dan tidak menjadikan kerugian yang terlalu banyak, agar di kemudian hari kita bisa memperbaiki diri untuk mencegah terjadinya musibah lanjutan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *