Hardisk Bad Sector Kembali Normal, Buang Bagian Ini

Posted on

Hardisk bad sector adalah hardisk yang pada bagian piringannya, di dalam, terdapat sektor yang rusak atau dalam kondisi tidak bisa bekerja dengan normal. Hardisk seperti ini menyebabkan kinerja laptop sangat lambat, atau bahkan gagal booting dan tidak bisa diinstall ulang jika kondisinya sudah berat.

Hardisk Bad Sector Kembali Normal, Buang Bagian IniNamun ternyata Hardisk bad sector masih bisa digunakan dengan normal, caranya adalah dengan membuang bagian sector yang rusak ( bad sector ) tersebut.

Untuk membuangnya kita bisa gunakan software Hierens. Bisa juga dengan software partisi magic. Karena ada bagian sector yang dibuang maka tentu efeknya adalah kapasitas hardisk tersebut menurun. Misalnya kita punya hardisk 500GB, dan bagian yang bad sector ada di beberapa titik mulai dari 0GB sampai dengan 100GB, maka kita buang bagian yang terdapat bad sector tersebut yaitu sebesar 100GB, sehingga kapasitor hardisk sekarang menjadi 400GB.

Secara teknis, detail prosesnya akan kita share next time jika banyak yang tertarik dengan bahasan ini, namun jika belum ada yang tertarik semoga saja ini bisa menjadi informasi yang bermanfaat.

2 thoughts on “Hardisk Bad Sector Kembali Normal, Buang Bagian Ini

  1. kalau uda buang bagian badnya, ya palingan beranak lagi bad sector dalam 1-2 minggu.. jd hdd yg uda kena bad sector mending ganti hdd baru lg.. daripada rajin install dan naik darah.. 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *