Virus Masuk Komputer Melalui Ini

Posted on

Ketika kita sedang online di jaringan internet, maka kita seperti membuka pintu rumah sehingga siapapun bisa masuk dengan bebas. Virus masuk komputer melalui ini salah satunya.

Virus Masuk Komputer Melalui Ini
Maka perlu ada software yang bisa menjaga pintu tersebut, yang bekerja layaknya seorang satpam yang menyaring siapa saja yang boleh masuk dan siapa saja yang tidak boleh masuk.

Terkait dengan bagaimana masuknya virus kedalam komputer kita, dibawah ini adalah beberapa hal yang memungkinkan untuk virus bisa masuk ke komputer :

  1. Melalui flashdisk, atau hardisk portable. Flashdisk yang biasa digunakan untuk menyimpan file dan memindahkannya dari komputer satu ke komputer lain sangat rentan ditunggangi oleh virus. kadang-kadang, komputer yang tidak dilengkapi anti virus, atau anti virus yang tidak dp to date, tidak ada warning apapun ketika ada virus masuk. Dan ketika kita memindahkan file dari komputer tersebut melalui flasdisk ke dalam komputer kita maka virus-pun akan pindah ke komputer kita. Hal ini bisa dihindari dengan memastikan bahwa komputer kita memiliki antivirus yang mujarab sehingga sebelum file kita copy ke hard drive komputer kita terlebih dahulu muncul warning, atau bahkan file yang mengandung virus ( di dalam flashdisk ) di block oleh anti virus sehingga tidak bisa dibuka dan di pindah ke komputer kita, maka komputer kita aman.
  2. Melalui jaringan internet. Sebagaimana kita sudah jelaskan diatas bahwa ketika komputer terkoneksi dengan internet maka seperti membuka pintu yang mengizinkan siapa saja untuk masuk ke komputer kita. Hal ini bisa dihindari dengan menginstall antivirus yang support untuk internet dan dengan browser internet yang kita gunakan. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah ketika muncul warning yang aneh-aneh, kita tidak terlalu mengenalnya, kita juga tidak membutuhkannya, maka jangan diikuti langkah-langkah yang dianjurkan untuk kita lakukan, misalnya muncul warning ada ancaman dan kita disuruh menginstall software tertentu agar selamat, maka yang begini ini biasanya awal mula masuknya virus ke komputer kita.
  3. Melalui software tertentu. Jika kita mendapatkan software atau program dengan cara download dari internet, maka hati-hati, virus sering numpang pada software tersebut. Biasanya ketika kita install software dari internet pada saat ada perintah “Next”, disana ada pilihan yang boleh dicentang dan boleh pula tidak dicentang, maka pastikan jangan ada yang dicentang jika disana ada keterangan tentang adanya pihak ketiga, karena ini biasanya adalah virus, atau software lain yang telah terjangkit virus.

3 hal tersebut diatas, virus masuk komputer melalui ini. Ini adalah jalan yang paling umum dan sering dilewati oleh virus untuk mengembang biakkan dan membuat keturunan sebanyak-banyaknya yang bisa saja mengakibatkan komputer kita lumpuh seketika jika kita tidak mengindahkannya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *