Kerusakan Pada Printer Scanner

Posted on

Beberapa pengguna printer sekarang telah memilih untuk membeli printer scanner karena praktis dan fiturnya lebih lengkap serta tidak menghabiskan tempat sebagaimana jika kita membeli printer dan scanner sendiri-sendiri. Disini kita akan membahas beberapa kerusakan pada printer scanner dengan tujuan agar kita bisa prepare untuk menjaga agar hal tersebut tidak terjadi pada printer kita.

Kerusakan Pada Printer ScannerPerlu diketahui bahwa sebagaimana peralatan yang lain, printer scanner juga memiliki kelemahan yaitu bisa rusak dan error. Berikut adalah kemungkinan-kemungkinan kerusakan yang sering terjadi pada printer scanner di bagian scannernya.

  1. Scanner tidak bisa bekerja yang mengakibatkan lampu scan tidak bisa berjalan ke kanan atau kekiri. Ini biasanya terjadi karena adanya kerusakan pada kontrolnya di bagian mainboard. Dan perlu diketahui kerusakan ini menyebabkan kerusakan total. Printer maupun scanner tidak bisa digunakan.
  2. Kerusakan pada fleksibel scanner. Ini biasanya terjadi setelah printer scanner diperbaiki karena kerusakan tertentu dan pada saat memasang kembali kurang diperhatikan posisi kabel fleksibel yang menghubungkan antara mainboard dan scanner sehingga ujungnya kabel terlipat dan menyebabkan scanner tidak bisa bekerja. Kerusakan seperti ini pada kondisi tertentu masih memungkinkan untuk menggunakan printernya saja. Namun pada kondisi tertentu pula kita tidak bisa menggunakan kedua-duanya.
  3. Kerusakan pada mainboard.
Baca juga :   Kelemahan Printer Scanner

Kerusakan pada printer scanner tersebut lebih jarang terjadi pada printer yang tidak menggunakan scanner.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *