Proyektor Sony Mati Mendadak

Posted on

Sebagaimana Proyektor pada umumnya Proyektor Sony jenis LCD walaupun harganya mahal juga bisa mati mendadak, apa penyebabnya.
Beberapa penyebab kerusakan mati mendadak tersebut adalah sebagai berikut :
1. Kipas tidak bekerja maksimal. Untuk yan satu ini action yang kita perlukan adalah dengan membungkar total proyektor atau overhaul kemudian semua kipas-kipas dibersihkan, semuanya. Untuk kasus seperti ini biasanya matinya proyektor hanya setelah dipakai agak lama.
2. Proyektor Sony mati mendadak setelah beberapa waktu saja bisa disebabkan karena kerusakan kipas pendingin lampu atau biasa kita sebut kipas keong, karena bentuknya seperti keong. Kipas ini berada di bagian dalam di dekat lampu. Untuk memperbaikinya kita perlu melepas kesing proyektor bagian atas saja. Dengan mengangkat mainboard utama kita akan bisa melihat keberadaan kipas tersebut.

Proyektor mati mendadak

Untuk pengecekan kita bisa menggunakan avo meter denan patokan kabel warna hitam sebagai jalut – dan kabel warna merah sebagai jalurĀ +. Atau kita juga bisa menggunakan Power supply dengan tegangan kecil saja, kira-kira 7Volt, dengan patokan kabel hitam dan merah, kipas yang normal akan berputar jika di suntik tegangan 7Volt. Pengecekan kipas-kipas yang lain sama.
3. Penyebab mati mendadak jua bisa disebabkan karena adanya kelemahan pada unit power supply biasanya di bagian regulator. Bisa mosfetnya atau ic controllernya. Pada kasus seperti ini biasanya proyektor tidak bisa menyala lama, hanya beberapa saat saja langsung mati semuanya termasuk indikator.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *