Tips Mengetahui Fungsi Sebuah IC Pada Motherboard

Posted on

Khusus untuk pemula tips untuk mengetahui fungsi sebuah IC pada motherboard laptop atau perangkat elektronika yang lain. Jika kita sudah hafal jenis-jenis IC dan posisinya di motherboard maka kita akan dengan mudah menentukan oo ini IC stepdown untuk VCore, atau ini adalah IC charger yang bekerja mengontrol proses charging pada laptop, misalnya. Namun jika kita belum hafal atau sedang mengerjakan laptop generasi baru yang komponennya agak “nyleneh” maka saya kita tips ini perlu dilakukan.
Tips ini juga bermanfaat untuk mengetahui karakteristik sebuah IC yang sedang kita pelajari dan mendapatkan datasheet dari IC tersebut.
Kita ambil contoh sebuah IC pada sebuah motherboard laptop berikut.

Ini adalah IC yang saya ambil gambarnya secara acak saja, dengan kode 95831, bagaimana cara mengetahui ini jenis IC apa, berikut stepnya :
1. Gunakan internet, buka browser google.com tau browser yang lain dan ketikkan kode IC tersebut, maka akan muncul hasil pencarian yang banyak sekali, pilih yang alamat websitenya ada kata-kata datasheet, misalnya www.datasheetq.com, atau yang lain. maka akan muncul data tentang IC tersebut.
2. Download datesheet dari IC tersebut untuk mengetahui detail spesifikasinya.
3. Maka kita akan tahu jenis IC tersebut, misalnya 95831 ini ternyata kode IC intersil dengna kode lengkap ISL95831HRT, ini adalah IC Voltage Regulator for IMVP-7/VR12™ CPUs, karena ada kata-kata CPUnya yang berarti prosesor maka ini adalah IC yang mengontrol power untuk prosesor atau kita mengenalnya dengan VCore.
Setelah mengetahui jenis dan fungsinya maka jika VCore sedang bermasalah maka IC tersebut patut dicurigai.
Tips ini juga berlaku pada jenis IC apapun pada perangkat elektronika selain laptop, jangan main tebak saja yang ujung-ujungnya bisa saja prediksi kita salah yang bisa saja menyebabkan hal-hal yang tidak kita inginkan termasuk adanya kerusakan baru pada perangkat yang sedang kita perbaiki. Dengan mengetahui detail IC yang kita curigai kita bisa yakin melakukan analisa kerusakan sehingga sumber kerusakan bisa segera kita temukan semoga bermanfaat.

3 thoughts on “Tips Mengetahui Fungsi Sebuah IC Pada Motherboard

  1. bg ana mau nanyak ni, baterai awak tidak mau charger, padahal batre baru, kira2 apa benar ic nya yang bermasalah? terimakasih banyak

    1. 1 lagi, kalau di charger tidak ada masalah, dan dj jack juga aman.
      ketika saya cas btre kke laptop lain kemudian sya pasang ke laptop saya mau hidup, ketika saya charger dan cabut laptop lang sung mati

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *