LCD Samsung SyncMaster Magic Mati

Posted on

LCD Monitor Samsung SyncMaster Magic yang mati total biasanya masih bisa diperbaiki dengan mengganti komponen yang ada di bagian mainboard di dalam box monitor jenis LCD ini. Namun sebelum melakukan pembongkaran sebaiknya kita lakukan dulu analisa ringan siapa tahu ternyata kerusakan tidak parah.
Lakukan analisa dengan mengikuti langkah-langkah berikut :
1. Check kondisi kabel. Pastikan kabel menancap dengan baik ke bagian port di monitor dan di bagian stop kontak listrik. Bila perlu check menggunakan multitester untuk memastikan bahwa kabel dalam kondisi baik dan tidak putus didalam.
2. Diamkan Monitor sehari. Barangkali system proteksi power sedang mengunci arus, diamkan terlebih dahulu monitor sehari, kemudian nyalakan kembali setelah itu.
3. Jika LCD monitor tetap tidak mau nyala, tetap mati total, maka kita harus membuka kesing LCD.
Jika langkah diatas telah dilakukan dan monitor LCD Samsung tetap tidak mau menyala maka langkah yang harus kita lakukan adalah mengakses bagian dalam LCD dengan membuka kesing. Setelah kesing terbuka cek terlebih dahulu koneksi antara modul tombol power ( touch magic ) menuju mainboard.
Jika aman, maka lakukan check tegangan pada kaki Elco yang paling besar, tegangan kirai-kira 200V, jadi sesuaikan peralatan check kamu. Jika pada elco tidak ada tegangan maka telusuri komponen yang ada diantara jack power menuju elco tersebut termasuk Deoda dan Fuse jika ada.
Jika pada elco terdapat tegangan maka yang perlu kamu lakukan adalah mengganti IC regulator, lihat gambar dibawah.

LCD Samsung SyncMaster Magic Mati

IC regulator dengan kode TOP257YN atau TOP256YN, atau pada type-type tertentu menggunakan TOP258PN, ganti IC ini dengan yang normal, maka LCD Samsung Syncmaster Magic yang mati total atau type-type lain bisa kembali bekerja dengan normal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *