Laptop Toshiba Charger Kedip-kedip, Fixed

Posted on

Salah satu kasus mati total pada laptop toshiba adalah lampu charger berkedip-kedip saat ditancapkan ke laptop dan laptop tidka ada respon apa-apa saat tombol power ditekan.
Gejala ini muncul bukan karena kerusakan pada charger ( secara umum ), bukan juga karena baterai rusak karena walaupun baterai dilepas tidak merubah kondisi apapun.
Demikian juga dengan BIOS, walaupun baterai CMOS di clear juga tidak ada efek apapun, karena memang kerusakan bukanlah ada disana.
Sebagaimana perangkat laptop yang lain, toshiba laptop juga memiliki unit proteksi yang mampu memutuskan arus jika terjadi masalah pada rell tegangan tertentu. Termasuk jika ada komponen yang short ke ground pada rell 19Volt maka lampu charger akan langsung mati saat charger dimasukkan ke laptop, sebagaimana kita udah bahas di posting terdahulu.
Namun jika lampu charger hanya berkedip saja, atau jika diukur menggunakan AVOmeter maka tegangan akan bergetar, maka masalah ada di rell tegangan turunan. Bisa di tell tegangan 3V, 18V, 1.5V atau tegangan kecil yang lain, cari di sekitar chipset SB atau IO biasanya ada kapasitor tantalum kecil disana yang short ke ground.
Satu masukan lagi untuk para teknisi jika saat membungkar laptop, kotoran di motherbaord biarkan saja terlebih dahulu, karena komponen yang short biasanya ada di bagian yang kotor tersebut ( secara umum ).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *