Toshiba Laptop L40-A Baterai Not Charging

Posted on

Toshiba laptop Satellite L40-A baterai not charging, yang rusak pada bagian motherboard laptop atau baterainya?
Jika kita sudah yakin kerusakan ada pada baterai maka solusinya simple saja, ganti baterai, beres, namun jika kita tidak yakin apalagi ternyata setelah ganti baterai hasilnya sama saja, tetap not charging maka kita akan rugi karena telah membeli baterai namun tidak bisa memberi solusi.
Maka kita perlu untuk melakukan langkah-langkah cek untuk menentukan apakah kerusakan pada baterai atau pada ic charger di bagian motherboard laptop, atau bisa juga pada unit charger.nya sendiri.
Silahkan ikuti langkah-langkah berikut :
1. Matikan laptop dan buka kesing. Untuk membuka kesing perlu diketahui bahwa kesing laptop toshiba Satellite L40-A pertama yang dibuka adalah kesing bagian bawah, jangan kebalik.
2. Lepas baterainya dan lakukan checking terhadap baterai.

Toshiba Laptop L40-A Baterai Not Charging

Perhatikan soket baterai diatas. Pindah selektor Multi tester kamu ke DCV untuk cek tegangan pada baterai. Letakkan probe warna hitam ke kabel hitam yang paling pinggir, dan letakkan probe merah pada kabel merah paling pinggir.
Jika muncul nilai tegangan tertentu ( tidak 0 ) maka pertanda baterai masih bagus, namun jika tidak ada tegangan sama sekali, maka jika memungkinkan lakukan penyuntikan tegangan pada baterai dengan tegangan kira-kira 15Volt dari adaptor tersendiri selama kira-kira 10 menit, jika tegangan pada baterai akhirnya muncul selanjutnya langkahnya adalah memasang pada laptop dan menancapkan charger, jika proses charging bisa mencapai 100% maka baterai telah selamat.
Namun jika di suntik tetap tidak bisa mengeluarkan tegangan, maka pertanda bahwa baterai telah rusak, solusinya adalah mengganti baterai agar laptop kembali normal.
Jika setelah diganti baterai tetap not charging maka silahkan lakukan pengecekan terhadap baterai yang baru menggunakan multi tester seperti cara diatas.
Dengan melakukan langkah-langkah cek diatas maka kita bisa lebih yakin sumber kerusakan pada toshiba laptop satellite L40-A yang not charging.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *