Salah satu ciri Laptop Rusak IC Chargernya

Posted on

Salah satu ciri laptop rusak IC chargernya adalah tidak munculnya tegangan dengan level tertentu tentu saja di bagian motherboard.

Salah satu ciri Laptop Rusak IC Chargernya

IC charger bekerja sebagai controller proses charging pada sebuah laptop. Maka ini juga bekerja sebagai pe-ngontrol Vin ( atau kodenya berbeda pada type laptop tertentu ), yaitu Tegangan yang siap didistribusikan ke seluruh zona di motherboard. Ketika baterai dipasang maka arus yang masuk dari unit charger bekerja sebagai pengiis baterai namun jika laptop tidak menggunakan baterai maka laptop tetap bisa bekerja karena tegangan dan arus dari charger masuk ke Vin dan sudah diolah sedemikian rupa sehingga siap didistribusikan ke seluruh area di motherboard, IC charger juga berperan dalam hal ini, maka jika IC ini bermasalah kontan saja laptop tidak bisa bekerja walaupun charger dimasukkan.
Kembali ke bahasan utama yaitu salah satu ciri-ciri sebuah laptop rusak ic chargernya adalah tidak munculnya tegangan 5V dan 3V atau 5.5V dan 3.3V. Dan laptop tidak bisa dinyalakan walaupun hanya indikatornya, laptop mati total.
Tidak munculnya tegangan tersebut tidak selalu bisa dijadikan patokan bahwa IC charger rusak, namun jika ic charger rusak maka tegangan ini pasti tidak mau muncul. Sehingga ini bisa kita jadikan acuan untuk menentukan kondisi ic charger pada sebuah laptop yang rusak mati total tidak mau charging sama sekali.

One thought on “Salah satu ciri Laptop Rusak IC Chargernya

  1. Om laptop saya tidak bisa masuk cas dan tdk bisa hidup.tpi batrenya normal kok om di laptop laun.laptop sya pun normal ketika batrenya di cas di latop lain kemudian dipasang kembali.solusinya dong om.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *