Cara Cek Laptop Short Apa Tidak

Posted on

Salah satu penyebab kerusakan pada motherboard laptop adalah ada rell atau jalur yang short ke ground, lalu bagaimana cara mengetahui atau cara menge-cek-nya. Yuk kita bahas sedikit masalah ini, mungkin buat teknisi senior ini sudah menjadi sarapan pagi, namun buat newbie kayaknya masih perlu untuk perhatikan masalah ini.
Misalnya kita sedang memperbaiki sebuah laptop mati total yang jika charger di masukkan lampunya ( lampu charger ) langsung mati pertanda ada jalur yang short.
Langkah pertama yang perlu kita lakukan adalah menyiapkan sebuah multitester atau dikenal juga dengan AVOmeter kemudian selektor kita arahkan ke bagian OHM untuk menge-cek nilai resistansi tertentu.
Kemudian setelah laptop kita bungkar maka pandangan kita harus langsung terarah menuju port charger sebagai pangkal dari distribusi arus dan tegangan di motherboard. Setelah jalur port charger kita temukan, yaitu jalur positif dan negatif atau ground, maka sentuhkan probe merah dari multitester ke jalur positif kemudian sentuhkan probe hitam ke jalur negatif atau ground ( jalur ground terhubung secara langsung pada setiap lingkaran baut ), sehingga kedua probe ( merah dan hitam ) masing-masing menyentuh jalur positif dan negatif dan perhatikan jarum pada multi tester, jika jarum bergerak ke kanan dan mentok maka ada kemungkinan jalur tersebut short, untuk memastikan silahkan balik posisi probe ( merah ke hitam, demikian sebaliknya ), jika jarum tetap bergerak mentok ke kanan maka bisa dipastikan bahwa jalur tersebut short atau konslet. Namun jika saat dibalik jarum hanya bergerak separuh ( berhenti di tengah-tengah ) maka jalur bisa dibilang aman.
Cara ini juga bisa diterapkan ke jalur mana saja di bagian motherboard termasuk jalur Vin, B+ atau jalur rell 5V dan 3V. Ini adalah cara untuk cek laptop yang short bagian tertentu di motherboard sehingga laptop tidak bisa nyala atau mati total.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *