Ngisi Tinta Katrid Salah Warna, Fixed

Posted on

Apa yang bisa kita lakukan jika kita terlanjur mengisi tinta pada katrid warna dan ternyata salah warnanya, misalnya seharusnya diisi merah malah diisi biru atau seharusnya kuning keliru diisi merah yang akibatnya tentu saja hasil printing tidak sesuai dengan warna yang kita inginkan. Pas mau ngeprint bunga yang cantik bisa saja munculnya warna hitam semua, bisa ngaco deh.

Ngisi Tinta Katrid Salah Warna, Fixed

Nah ada beberapa langkah yang sebetulnya bisa kita lakukan untuk memperbaiki semua kesalahan yang tentu saja tidak disengaja ini, simak langkah-langkah berikut :
1. Jika ngisinya belum banyak. Sedot lagi menggunakan suntik yang dipake buat ngisi tinta, teruuus sampek suntik tidak bisa lagi nyedot.
2. Dengan cairan pembersih kaca, atau jika tidak ada bisa gunakan air putih biasa, usahakan yang agak panas, masukkan kedalam katrid dan kocak kocak biar sisa-sisa tinta tercampur dengan cairan tersebut.
3. Sedot lagi menggunakan suntik sampek habis. Kemudian berikan tekanan udara pada katrid menggunakan suntik ( lepas jarumnya ) agar tinta keluar lewat head, lakukan sampek tinta habis.
4. Langkah 2 ulangi sampek tinta yang keluar agak bening.
5. Jika sudah agak bening masukkan tinta yang seharusnya, buang lagi menggunakan hembusan suntik tanpa jarum, isi lagi, sampek tinta yang keluar persis dengan warna yang seharusnya.
6. Jika langkah tersebut diats belum membuahkan hasil maka langkah pamungkasnya adalah membongkar katrid dan mengeluarkan gabus yang ada didalamnya untuk di rendam di dalam air dan diperas sampek putih bersih. Untuk membongkar katrid ini harus hati-hati agar tidak pecah.
Langkah-langkah diatas adalah antisipasi jika ngisi tinta salah warna pada katrid printer semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *