Penyebab Laptop Tidak Bisa Shutdown

Posted on
Penyebab Laptop Tidak Bisa Shutdown

Laptop di shut down tetap diam saja tidak segera memulai proses shutting down, kenapa?
Salah satu penyebab paling sering akan masalah ini adalah rusaknya system atau operating system atau sistem operasi atau Windows nya bermasalah.
Tapi mengapa laptop masih bisa bekerja dengan normal ?
Laptop bekerja normal karena error hanya terjadi pada beberapa komponen yang berhubungan dengan proses shutting down saja, sehingga kinerja komponen system yang lain masih bisa berjalan sebagaimana mestinya.
Tapi mengapa tidak muncul pesan error ?
Karena menurut saya masalah ini bisa saja terjadi karena tolah tingkahnya virus, maka bisa saja pesan error tidak muncul karena memang error tidak terdeteksi oleh komponen yang kerjanya mendeteksi error, virus juga telah membungkam si detector.
Padahal anti virus masih aktif dan selalu saya update ?
Sebagaimana kita tahu, maling memang seolah-olah lebih pinter dari pada polisi. Mungkin ini juga bisa diasumsikan ke kinerja anti virus melawan virus pada sebuah system komputer secara umum, virus seolah-olah tahu saja celah-celah yang tidak bisa diakses oleh anti virus biasa, sekali lagi ini menurut pendapat saya
Solusi ?
Karena secara umum masalah timbul karena virus, maka sebaiknya yang perlu kita pelototi adalah virus!
1. Lakukan scanning virus sebisa mungkin menggunakan anti virus yang up to date, dan mujarab menurut kamu
2. Bersihkan file-file temporary, bisa ditemukan dengan mengetik %temp% pada Run : Klik Start dan klik Run kemudian ketik, lalu enter. Hapus semua file yang muncul sebisa mungkin.
3. Buang aplikasi-aplikasi yang serasa tidak diperlukan atau bahkaan aplikasi spam dari internet jika ada termasuk Addons spam
4. Matikan laptop secara paksa dengan menekan dan menahan tombol power sampai laptop benar-benar mati.
5. Kemudian nyalakan lagi laptop, tunggu sampai laptop benar-benar selesau booting ( tidak ada yang loading lagi )
6. Coba untuk melakukan shut down, semoga berhasil

Jika langkah-langkah diatas sudah dilakukan namun belum membuahkan hasil maka lebih baik segera backup file-file yang ada di drive system ( C ) dan segera install ulang laptop kamu agar bisa di shut down dengan normal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *