Memperbaiki Laptop Axioo Tidak Bisa Charging

Posted on

Ada beberapa langkah yang perlu kita lakukan untuk memperbaiki laptop axioo yang tidak bisa charging dengan ciri-ciri sebagai berikut :
1. Saat charger di masukkan ke laptop tidak ada indikator yang menyala
2. Saat laptop dinyalakan menggunakan baterai laptop menyala namun mati sendiri setelah beberapa menit atau detik
3. Saat menggunakan charger laptop bisa menyala normal namun indikator lampu charging tidak menyala
4. Setelah amsuk windows tanda baterai menunjukkan proses charging

Langkah-langkah yang akan kita lakukan adalah termasuk langkah-langkah untuk memastikan jika terdapat komponen yang rusak pada unit motherboard laptop. Sebelum melakukan langkah perbaikan kita perlu untuk memastikan bahwa kondisi charger normal, tidak rusak, caranya adalah sebagai berikut.
1. Tancapkan jek listrik charger
2. Pada bagian output charger check menggunakan multitester, jika keluar tegangan sekitar 19V maka charger bisa dikatakan normal.
Setelah kita yakin bahwa charger normal maka kita bisa mulai untuk melakukan analisa pada laptopnya, ikuti langkah-langkah berikut.
1. Lepas baterai laptop dan keyboard
2. Bungkar kesing laptop untuk mengakses mainboard
3. Setelah mainboard dikeluarkan fokus dulu di bagian jek charger, masukkan charger dan cek tegangan dibagian jek laptop, biasanya pada laptop axioo jek-nya suka kendor, pastikan normal!
4. Check semua IC power atau mosfet di area power utama mulai dari jek charger menuju jek baterai, jika memiliki skema pekerjaan ini akan sangat mudah dilakukan, jika tidak memiliki kita bisa gunakan multitester untuk meng-identifikasi jalur-jalurnya.
5. Jangan lupa cek resistor yang berwarna hijau di bagian dekat jek baterai.
6. Jika mosfet aman, resistor aman, jek charger aman dan tidak ada kapasitor yang short, maka penyebab tidak bisa charging ini adalah ic charger, lihat gambar dibawah.

ic charger netbook axioo pico

Ini adalah ic charger netbook axioo pico dengan kode 17015A, dengan mengganti ic ini insya Allah masalah charging bisa kembali normal. Posisi IC ini adlaah seperti gambar dibawah, berada di dekan port baterai.

letak ic charger laptop axioo pico

Cara mengganti ic charger tersebut kita bisa menggunakan heater blower dan cairan kental flux dengan hati-hati.
Demikian cara memperbaiki laptop axioo pico yang tidak bisa charging disebabkan karena kerusakan ic charger, semoga bermanfaat.

14 thoughts on “Memperbaiki Laptop Axioo Tidak Bisa Charging

  1. mas mau tanya laptop axiooku tidak ada tampilan dan tidak pernah mati, saat saya pasang ram pada slot yang satunya, laptop on kemudian mati sendiri atau langsung mati, perkiraanku ram nya korslet, dan saya cek ram nya ternyata ram nya oke-oke saja. mohon solusinya mas.

    yandi_donk@yahoo.co.id

  2. Mas mau tabya.. Laptop axio saya tidak mau nyala.. Lampu adaptor saat dicolokkan nyala.. Tp bgitu disambungkan ke laptop jd kedap kedip lampunya.. Itu kenapa ya??

  3. Salam kenal mas
    Laptopku Axioo neon rne ,
    Saat dalam kondisi nyala dan di cas tidak bisa nambah daya , tapi statusnya mengisi ,
    Tapi kalo laptop dimatikan dan di cas bisa nambah daya ,
    Mohon solusinya
    Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *