Komputer Bunyi Dug Tidak Bisa Nyala

Posted on

Apa penyebab komputer jenis PC tidak bisa dinyalakan karena keluar bunyi dug seperti ada yang meledak. Biasanya problem seperti ini terjadi pada komputer yang jarang di nyalakan. Bunyi dug biasanya membuktikan terdapat komponen yang meledak atau meletus.
Komponen ini berada di dalam power supply. Kenapa bisa meledak. Berdasarkan pengalaman pada beberapa komputer pelanggan yang kerusakannya bunyi dug di bagian power supply adalah karena kemasukan binatang. Komputer yang jarang dinyalakan tentu akan menjadi sarang binatang yang sangat nyaman, binatang ini masuk melalui ventilasi power supply di bagian belakang yang fungsi sebenarnya untuk membuang hawa panas yang dihembuskan oleh kipas power supply. Binatang ini, biasanya cicak, jika berada dibagian bawah PCB power supply maka saat komputer dinyalakan cicak ini menyebabkan adanya hubung singkat electrik sehingga sang cicak terbakar dan hubung singkat arus listrik ini akna menimbulkan bunyi dug! komputer-pun tidak bisa dinyalakan.
Untuk memperbaikinya tentu saja kita harus mengganti power supply dengan yang normal. Maka dari itu kalo memang komputer tidak dinyalakan dalam waktu lama silahkan bagian belakang power supply ditutup menggunakan kain atau kertas biar tidak di manfaatkan cicak untuk berlindung diri atau bertapa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *