Memperbaiki Laptop Blank Booting Normal

Posted on

Laptop mati total memang beragam sekali penyebab dan cara memperbaikinya, tergantung apa yang menyebabkan laptop tersebut mati total. Ada laptop yang benar-benar mati total, tidak ada sama sekali indikator yang menyala, tidak bisa charging apalagi dinyalakan. Ada juga laptop yang charging normal namun tidak bisa dinyalakan sama sekali, atau bisa nyala pake charger saja tanpa battery, dan tidak bisa nyala jika battery-nya dipasang. Cara memperbaikinya-pun bisa beragam, ada yang mati ic powernya, diganti beres, ada yang short capacitornya, diganti beres, ada juga yang lemah chipset nya, chipset VGA-nya dan lain-lain.
Nah, dalam kesempatan ini saya akan sharing tentang cara memperbaiki sebuah laptop yang blank, namun proses booting berjalan normal ditandai dengan indikator hdd yang membaca hardisk, bunyi welcome windows dan normal-nya tombol caps Lock. Namun dilayar LCD tidak ada gambar sama sekali, remang-remang juga tidak ada, karena jika ada gambar remang-remang berarti yang rusak bagian inverter back light, menggunakan monitor eksternal juga tidak muncul gambar apapun. Jadi intinya adalah laptop booting normal namun tidak ada tampilan sama sekali. Cara ini bisa diterapkan pada berbagai type ataupun merk laptop, namun dalam posting kali ini yang saya share adalah laptop acer aspire 4520 AMD Turion yang menggunakan VGA nVidia Geforce 7000M.
Intinya cara memperbaiki laptop yang rusak dengan definisi seperti disebutkan diatas adalah dengan mem-blower menggunakan heater blower pada chipset VGA-nya. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :
1. Bungkar laptop, sebaiknya dibungkar total sekalian dibersihkan kotoran-kotoran yang menempel pada mainboard dan heat sink processor.
2. Angkat mainboard dan cari chipset VGA yang berada dibalik pendingin, seperti gambar dibawah.

letak chipset vga aspire 4520

letak chipset vga aspire 4520

3. Buka pendingin VGA menggunakan obeng plus, bersihkan bagian atasnya menggunakan kuas lembut. Seperti tertulis pada bugian atas chipset, komponen ini adalah VGA dengan type nVidia.

chipset vga aspire 4520

nVidia Geforce 7000M

4. Tempatkan pada posisi aman diatas papan rata dan lakukan blow up dengan suhu rata 200 derajat selsius selama kurang lebih 1 menit dengan jarak antara ujung blower dengan chipset kira-kira 5 – 10 CM atau sesuai dengan yang menurut kamu pas. Jangan lama-lama atau jangan terlalu dekat karena bisa merusak solder ball sebagai kaki-kaki dari chipset VGA ini.

Blow up Chipset VGA

Setelah selesai biarkan chipset dingin untuk kemudian di test. Sesuai pengalaman cara ini akan berhasil dengan syarat tidak ada komponen lain yang rusak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *