Memperbaiki Netbook Mati Total Part 1

Posted on

Semakin banyaknya pengguna laptop di tanah air semakin menantang para teknisi komputer untuk menggali ilmu seputar laptop dan cara penanganannya ketika si laptop ini rusak atau menemui beberapa problem. Malu rasanya jika kita mengaku sebagai teknisi komputer namun saat ada user datang minta tolong benerin laptopnya yang rusak dan kita hanya bisa menjawab maaf pak kita belum bisa menangani masalah yang seperti itu, selain malu tentu akan menjadi pengganjal lari jejak kaki bisnis kita sehingga terlalu sulit untuk melaju sekencang target yang sudah kita patok sebelumnya. Nah Jiwacomp berusaha share everything tentang ilmu penanganan permasalahan laptop dengan basis hardware agar pengunjung bisa temukan beberapa trik dan tips dalam menangani permasalahan seputar laptop, demikian juga pengunjung bisa berbagi ilmu yang berhubungan dengan laptop sehingga kita, sebagai sesama teknisi secara khusus, dan pengguna komputer secara umum semakin cerdas dan bertambah ilmunya dalam dunia per-komputer-an dan per-laptop-an.
So, dalam kesempatan ini kita akan membahas sedikit tentang cara menangani sebuah mini laptop atau lebih dikenal dengan netbook yang kondisinya mati total / matot, dimana tombol power tidak berfungsi namun lampu indikator charger masih bisa menyala saat charger di pasang. Dalam pembahasan kali ini kita ambil contoh aspire one AOD…
Pengalaman yang akan kita share disini sebetulnya sudah saya lakukan beberapa hari yang lalu namun belum sempat share karena kesibukan yang lain termasuk menangani laptop2 yang lain yang banyak sekali kita temukan masalah yang sebelumnya belum ditemukan, bikin pusing!
Nah seperti biasa job ini saya mulai dari check tombol power, ic power utama, semua fuse ( sekring ) pada mainboard, check kapasitor short apa tidak, kering apa tidak dan seterusnya namun saya dapati semua komponen dalam kondisi normal dan sehat wal afiat ( Kata multi tester ).
Dan setelah kita telusuri ternya ada jalur short di kaki prosesor, wahhh berabe nih##@@… Begitu masalah tertuju pada prosesor (netbook ) yang nyatu sama mainboard ( tidak pake soket ) saya langsung pusing karena g punya alat yang memadai untuk melepasnya.
Jadi solusi permasalahan ini adalah reball processor, sedang saya hanya punya Blower pemanas biasa, bukan infrared. Namun setelah check di youtube ternyata everything OK, heater blower bisa digunakan untuk melepas thu processor. Silahkan temen2 lihat video dibawah ini. Intinya adalah kita musti reball processor dan insyaAllah masalah teratasi.

2 thoughts on “Memperbaiki Netbook Mati Total Part 1

  1. gan, saya bingung kenapa netbook saya merek ACER Aspire One matot dan pas saya buka motherboardnya ada salah satu IC yang panas sekali, Ic itu terletak dibawah touch pad, nah ,,,pas saya bawa ke tukang servis, tukang servis minta 600rb kalo mau di benerin….
    saya minta tolong, gimana cara ngebenrin tp ttp dgn biaya murah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *